BLOGGER TEMPLATES Funny Pictures

Tuesday, April 16, 2013

REVIEW : Monitoring Corruption Evidence from A Field Exp Indonesia

Postingan kali ini lagi-lagi merupakan tugas kuliah dari salah satu dosen terhebat di Akuntansi Fakultas Ekonomi UNSOED.
Semoga kali ini adalah postingan tugas terakhir dari beliau.

Judul Artikel Jurnal : Monitoring Corruption Evidence from A Field Exp Indonesia
Penulis : Benjamin A. Olken
Asal : Harvard University and National Bureau of Economic Research

Artikel ini membahas mengenai hasil percobaan lapangan di Indonesia, yang dirancang untuk menyelidiki pendekatan alternatif untuk memerangi korupsi.

Korupsi adalah masalah yang signifikan di banyak negara berkembang. Dalam banyak kasus, korupsi bertindak seperti pajak, menambah biaya penyediaan layanan publik dan melakukan bisnis.
Tim meneliti efek dari dua strategi, yaitu :
- monitoring top-down oleh auditor pemerintah dan
- monitoring bottom-up melalui partisipasi akar rumput dalam proses pemantauan desa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan top down melalui pemantauan auditor pemerintah lebih efektif apabila digunakan untuk memantau pengadaan barang publik seperti pembangunan infrastruktur.
Sedangkan pendekatan bottom up melalui grassroots monitoring akan lebih efektif jika digunakan untuk program pengadaan barang pribadi, seperti makanan bersubsidi, pendidikan, atau perawatan medis di mana individu memilki kepentingan pribadi dalam memastikan bahwa barang benar - benar diserahkan dan meminimalkan pencurian.
Hasil dalam makalah ini merupakan hasil dari intervensi jangka pendek. Jika auditor yang mudah disuap, dari waktu ke waktu desa dapat mengembangkan hubungan ulangi dengan auditor yang dapat membuat menyuap auditor lebih mudah daripada dalam kasus satu-shot diperiksa di sini.


Mengurangi korupsi juga dapat mengurangi pengeluaran kampanye untuk kantor desa, karena sewa dari mendapatkan posisi ini akan mengalami penurunan. Efisiensi dampak dari pengurangan korupsi juga akan menjadi lebih jelas dengan waktu karena kita dapat mengamati perubahan waktu berlangsungnya.

0 komentar: